Seni Perang Sun Tzu tentang Strategi Operasi Dikaitkan dengan Manajemen Bisnis

Seni Perang Sun Tzu tentang Strategi Operasi Dikaitkan dengan Manajemen Bisnis

Authors

  • Ida Bagus Radendra Suastama STIMI Handayani Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.61938/fm.v9i2.275

Keywords:

Seni Perang Sun Tzu, Strategi Operasi, Manajemen Bisnis, Kecepatan

Abstract

Seni Perang Sun Tzu merupakan karya militer klasik tertua dalam literatur Cina yang paling terkenal di luar Cina (yang ditulis antara 400 – 300 SM). Teks  tersebut menjadi teks wajib di sekolah militer di seluruh dunia. Sementara itu, terdapat pula kecenderungan pemikiran bahwa strategi perang / militer dapat diterapkan dalam strategi manajemen bisnis atau pemasaran.

 

Permasalahan yang diangkat dalam tulisan ini adalah apakah dan bagaimanakah ilmu perang Sun Tzu tentang strategi operasi dapat dikaitkan / diterapkan dalam manajemen bisnis. Serta bagaimana merumuskan pandangan-pandangan Sun Tzu termaksud dalam bahasa manajemen bisnis. Metode pembahasan tulisan ini adalah mendasarkan diri pada bahan-bahan kepustakaan mengenai Seni Perang Sun Tzu, khususnya dalam konteks pembahasannya dengan manajemen bisnis atau pemasaran, dan buku manajemen lainnya yang relevan.

 

Kesimpulan yang dapat ditarik dari pembahasan ini adalah bahwa ilmu perang Sun Tzu adalah dapat diterapkan dalam ilmu manajemen bisnis, dan penerapan tersebut tentunya harus berangkat dari pandangan bahwa terdapat kesamaan cukup signifikan antara medan perang/pertempuran dengan dunia bisnis. Dengan demikian, strategi perang Sun Tzu yang tersohor itu pun dapat diterapkan dalam strategi manajemen bisnis. Kesimpulan selanjutnya, bahwa konsep awal yang masih berupa konsep untuk medan perang tersebut perlu dirumuskan kembali sedemikian sehingga lebih mudah dipahami dan diimplementasikan dalam konteks manajemen bisnis, antara lain strategi operasi (Sun Tzu) dapat dirumuskan dalam satu konsep : “Kecepatanâ€, dan dapat dielaborasi lebih lanjut menjadi tiga konsep singkat yaitu : Penjadwalan, Momentum, dan Durasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2011-07-17

How to Cite

Radendra Suastama, I. B. (2011). Seni Perang Sun Tzu tentang Strategi Operasi Dikaitkan dengan Manajemen Bisnis: Seni Perang Sun Tzu tentang Strategi Operasi Dikaitkan dengan Manajemen Bisnis. Forum Manajemen, 9(2), 72–75. https://doi.org/10.61938/fm.v9i2.275

Most read articles by the same author(s)