PENGARUH PENDIDIKAN DAN LINGKUNGAN KERJA FISIK TERHADAP SEMANGAT KERJA KARYAWAN PADA RESTORAN TEPI SAWAH, GIANYAR

Authors

  • Putri Anggreni Fakultas Ekonomi Universitas Mahendradatta

DOI:

https://doi.org/10.61938/fm.v16i1.252

Keywords:

pendidikan, lingkungan kerja fisik, semangat kerja karyawan

Abstract

Penelitian  ini  bermaksud  untuk  menganalisis  tentang  pengaruh  pendidikan  dan  lingkungan kerja fisik terhadap semangat kerja karyawan pada Restoran Tepi Sawah, Gianyar. Hasil analisis korelasi menunjukan hasil korelasi simultan r = 0,74. Ini berarti terdapat hubungan yang kuat antara pendidikan dan lingkungan kerja fisik terhadap semangat kerja karyawan. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi sebesar 54,76%, artinya pengaruh pendidikan dan lingkungan kerja fisik secara simultan terhadap semangat kerja karyawan adalah sebesar 54,76%. Sisanya sebesar 45,24% dipengaruhi oleh faktor lain yaitu seperti pemberian  kompensasi,  motivasi,  pelatihan,  dan  faktor  lainnya  yang  tidak  dibahas  dalam  penelitian  ini. Hasil perhitungan t1-test diperoleh thitung sebesar 12,4 dan t1tabel sebesar 1,669 sehingga t1-hitung > ttabel berarti pendidikan berpengaruh signifikan terhadap  Semangat Kerja Karyawan dan hasil perhitungan t2-test diperoleh t2-hitung sebesar 11,4 dan t2tabel sebesar 1,669 sehingga thitung > ttabel berarti lingkungan kerja fisik berpengaruh signifikan terhadap semangat kerja karyawan. Sesuai hasil perhitungan F-hitung diperoleh F-hitung 17,55 lebih besar dari F-tabel sebesar 3,32 berada pada daerah penolakan Ho, maka Ho ditolak atau H1 diterima, berarti memang benar ada hubungan yang positif dan nyata (signifikan) antara pendidikan dan lingkungan kerja fisik secara simultan dengan semangat kerja karyawan pada Restoran Tepi Sawah, Gianyar. 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-01-20

How to Cite

Anggreni, P. (2018). PENGARUH PENDIDIKAN DAN LINGKUNGAN KERJA FISIK TERHADAP SEMANGAT KERJA KARYAWAN PADA RESTORAN TEPI SAWAH, GIANYAR. Forum Manajemen, 16(1), 61–73. https://doi.org/10.61938/fm.v16i1.252

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>