ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT INETINDO INFOCOM TOKO GLOBAL APPLE DENPASAR
Keywords:
Kualitas Produk, Harga dan Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas produk dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian Toko Global Apple Denpasar dan menganalisis faktor yang paling dominan dalam mepengaruhi keputusan pembelian konsumen Toko Global Apple Denpasar. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan PT Inetindo Infocom Global Apple Denpasar pada bulan yang diambil sebanyak 980 orang. Pada penelitian ini menggunakan simple random sampling dan populasi dianggap homogen. Sampel dalam penelitian ini adalah 50 orang yang diambil sevara acak dari jumlah populasi. Pengumpulan Data observasi, kuisoner dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah analisis asumsi klasi, regresi liner berganda dan uji hipotesis (uji t dan F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kualitas produk (X 1) memiliki nilai signifikansi sebesar 0,001 yang berarti < 0.05. Diartikan bahwa secara parsial kualitas produk (X1) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). (2) Harga (X2) memiliki nilai signifikansi sebesar 0,031 yang berarti < 0.05, sehinggaa secara parsial harga (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). (3) Kualitas Produk dan Harga memiliki nilai signifikansi 0,000 yang berarti lebih kecil 0.05, maka secara simultan kualitas produk dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Toko Global Apple Denpasar. Dari variabel kualitas produk dan harga, kulalitas produk lah yang berpengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian pada Toko Global Apple Denpasar.