Dampak Kepemimpinan Wirausaha Terhadap Prestasi Siswa: Studi Kasus MTs Muhammadiyah Wonosari

Authors

  • Emma Widianti STEI Yogyakarta
  • Indah Pangesti Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.61938/fm.v22i2.601

Keywords:

Enterpreneurial Leadership, Educational Institutions, Student Achievement, Kepemimpinan Kewirausahaan, Institusi pendididkan, Prestasi siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kepemimpinan kewirausahaan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi siswa di MTs Muhammadiyah Wonosari. Kepemimpinan kewirausahaan, yang ditandai oleh inovasi, visi, keberanian mengambil risiko, dan orientasi pada peluang, menjadi pendekatan yang semakin relevan dalam pendidikan untuk menghadapi tantangan abad ke-21. Sementara banyak penelitian sebelumnya membahas kepemimpinan kewirausahaan di sektor bisnis, kajian yang mendalam di lingkungan pendidikan, khususnya di Indonesia, masih terbatas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kewirausahaan di MTs Muhammadiyah Wonosari efektif dalam mendorong prestasi siswa melalui program-program inovatif dan kebijakan strategis yang melibatkan seluruh elemen sekolah. Implikasi dari temuan ini dapat menjadi pedoman bagi institusi pendidikan dalam menerapkan kepemimpinan kewirausahaan untuk meningkatkan prestasi siswa dan daya saing sekolah.

 

This study aims to analyze the role of entrepreneurial leadership of the principal in improving student achievement at MTs Muhammadiyah Wonosari. Entrepreneurial leadership, characterized by innovation, vision, courage to take risks, and orientation to opportunities, is becoming an increasingly relevant approach in education to face the challenges of the 21st century. While many previous studies have discussed entrepreneurial leadership in the business sector, in-depth studies in the educational environment, especially in Indonesia, are still limited. This study uses a descriptive qualitative method, with data collection techniques through observation, in-depth interviews, and documentation. The results of the study indicate that entrepreneurial leadership at MTs Muhammadiyah Wonosari is effective in encouraging student achievement through innovative programs and strategic policies that involve all elements of the school. The implications of these findings can be a guideline for educational institutions in implementing entrepreneurial leadership to improve student achievement and school competitiveness.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Emma Widianti, STEI Yogyakarta

Fakultas Ekonomi Syariah

Indah Pangesti, Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Yogyakarta

Fakultas Ekonomi Syariah

References

Alfansyur, A, dan Mariyani. 2020. "Seni Mengelola Data: Penerapan Triangulasi Teknik, Sumber, dan Waktu pada Pendidikan Sosial". Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah 2. 146-150.

Andi Prastowo. 2017. "Memahami Metode-Metode Penelitian: Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis". Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Calam, A., & Qurniati, A.2016. "Merumuskan Visi dan Misi Lembaga Pendidikan". Jurnal Saintikom 15.1.

Fajri, A., Rahman, I. K., & Lisnawati, S.2019. "Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa". Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam.12.(1). 78-93. https://doi.org/10.32832/tawazun.v12i1.1844

Haryadi, H.2020. "Model Kepemimpinan Kewirausahaan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Sekolah Dasar Di Kabupaten Bantul".Al-Manar: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam 9.(2).97-112.

Islamiah, B. F.2019."Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Kompetensi Guru Untuk Mewujudkan Prestasi Belajar Siswa". Khazanah Akademia, 3(02). 49-54.

Izmah Alfiah.2012."Korelasi antara Potensi Akademik, Motivasi Belajaredengan Prestasi Akademik pada Siswa Kelas X Program Unggulan MAN Tambakberas Jombang", dalam thesis (FakultasPsikologi UIN Maulana MaliklIbrahim, Malang.

Komsiyah, I.2016. "Kepemimpinan Transformatif perkembangan dan implementasinya pada lembaga pendidikan.'' Ta'allum: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2). 293-316. https://doi.org/10.21274/taalum.2016.4.2.293-316

Kristiawan, M., Suryanti, I., Muntazir, M., Ribuwati, A., & AJ, A. (2018). "Inovasi pendidikan". Jawa Timur: Wade Group National Publishing.

Lidiawati, L., Ahmad, S., & Wahidy, A.2021."Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa". Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3).6971-6975.

Listyasari, E. 2013. "Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri Se-Kota Tasikmalaya". Administrasi Pendidikan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana 1.(1).9-16.

Mahmud. 2011. "Metode Penelitian Pendidikan". Bandung: Pustaka Setia.

Mardani, M., Jenudin, M., & Primarni, A. 2020. "Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Pemenuhan Standar Sarana Prasarana terhadap Prestasi Siswa". Jurnal Dirosah Islamiyah 2.(1)34-48. https://doi.org/10.47467/jdi.v2i1.98

Marginingsih, Ria. 2016. "Kepemimpinan karismatik sebagai employer branding". Jurnal Bisnis Darmajaya, 2(2), 32-51.

Moh. Zaiful Rosyid. 2019. "Prestasi Belajar". Batu: Literasi Nusantara Management, 1(1), 19-28.

Noor, Juliansyah. 2011. "Metodologi Penelitian". Jakarta: Kencana

Nopriyani, A., & Hasanah, E. 2021. "Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Jumlah Siswa Di SMP Muhammadiyah Al Mujahidin Gununglidul". Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia 6.(2).558-577. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i2.2159

Pinangkaan, A. A.2020. "Teori dan Model Kepemimpinan Kewirausahaan". Academia. Edu.

Puspitasari, Siska. 2019. "Pengaruh kepemimpinan spiritual terhadap kepuasan kerja karyawan melalui motivasi intrinsik dan komitmen organisasi" (Studi kasus Rumah Sakit Islam Sultan Agung, Semarang). Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 20(1), 73-84. https://doi.org/10.30659/ekobis.20.1.73-84

Raudha, A., Kusmintardjo, K., & Hadi, S.2017."Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Sekolah Unggulan." In Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran dan Pendidikan Dasar 2017.592-597.

Rendy Adiwilaga. 2018. "Kepemimpinan Pemerintahan Indonesia". Yogyakarta: Deepublish.

Siteni, L.2016. "Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa". Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP).6.2. https://doi.org/10.35316/jpii.v2i1.66

Sugiyono. 2018. "Metode Penelitian Kualitatif". Bandung: Alfabeta.

Suhifatullah, Muhammad. I., Thoyib, M., & Dahlan, J. A.2020. "Kepemimpinan Etis Guru Dalam Pendidikan Karakter. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan". 7(1), 14-24. https://doi.org/10.24246/j.jk.2020.v7.i1.p14-24

Syaiful Sagala. 2018. "Pendekatan dan Model Kepemimpinan". Jakarta: Prenadamedia Group

Tulus Tu'u. 2004. "Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa". Jakarta: Grasindo.

Ulfatin. 2013. "Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya". Malang: Banyumedia Publishing.

Winbaktianur, W., & Sutono, S. 2019. "Kepemimpinan Otentik Dalam Organisasi". Al Qalb: Jurnal Psikologi Islam, 10(1), 71-78. https://doi.org/10.15548/alqalb.v10i1.830

Winario, M., & Irawati, I. 2019. "Pengaruh kepala sekolah yang berjiwa wirausaha terhadap pengembangan sekolah". Indonesian Journal. https://doi.org/10.24014/ijiem.v1i1.5239

Downloads

Published

2024-10-30

How to Cite

Widianti, E. ., & Pangesti, I. . (2024). Dampak Kepemimpinan Wirausaha Terhadap Prestasi Siswa: Studi Kasus MTs Muhammadiyah Wonosari. Forum Manajemen, 22(2), 202–213. https://doi.org/10.61938/fm.v22i2.601