Pengaruh harga produk dan keragaman produk terhadap minat beli ulang konsumen di minimarket dhutamart pura demak denpasar barat
DOI:
https://doi.org/10.61938/fm.v21i1.509Keywords:
product price, product diversity, repurchase interestAbstract
Repurchase interest is a reflection of customer satisfaction. In creating repurchase interest, several determining variables includes product prices and product diversity. The purpose of the study is to determine the simultaneous or partial effect of product price and product diversity on repurchase interest at Dhutamart Minimarket Pura Demak Denpasar Barat. The number of samples was determined by purposive sampling method as many as 60 consumers of Dhutamart Minimarket. Data were analyzed using classical assumption test, multiple linear regression analysis, multiple correlation analysis, determination analysis, simultaneous significance test (F-test) and partial significance test (t-test). The results showed that there was a simultaneous positive and significant effect of product price and product diversity on repurchase interest at the Dhutamart Minimarket Pura Demak, Denpasar Barat. While partially the product price has a positive and significant effect on repurchase interest at the Dhutamart Minimarket Pura Demak, Denpasar Barat. Partially, product diversity has a positive and significant effect on repurchase interest at the Dhutamart Minimarket, Pura Demak, Denpasar Barat.
Downloads
References
Alma, B. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeth. Bandung:
Alvian, M. S., & Prabawani, B. 2020. Pengaruh Sales Promotion dan Keberagaman Produk pada Shopee Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Interverning. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9 (2): 1–10.
Assauri, S. 2014. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Euromonitor International. Retailing in Indonesia. Diambil dari https://www.euromonitor.com/retailing-in-indonesia/report#
Febria, R. L. 2013. Pengaruh Leverage dan Ukuran Perusahaan terhadap Profitabilitas (Studi Empiris pada Perusahaan Properti dan Real Estate yang Terdaftar di BEI. Universitas Negeri Padang.
Ferdinand, A. 2014. Metode Penelitian Manajemen. BP Universitas Diponogoro. Semarang.
Fure, H. 2013. Lokasi, Keberagaman Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Pada Pasar Tradisional Bersehati Calaca. Jurnal EMBA, 1 (3).
Hermanto, K., & Cahyadi, I. 2019. Minat Beli Ulang Fast Food Ayam Goreng Tepung. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 3(2): 561–573.
Hidayah, S. A., & Apriliani, R. A. E. 2019. Analisis Pengaruh Brand Image, Harga, Kualitas Produk, dan Daya Tarik Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Batik Pekalongan (Studi pada Pasar Grosir Setono Batik Pekalongan). Journal of Economic, Business and Engineering, 1 (1): 24–31.
Kotler, P. 2008. Manajemen Pemasaran. Indeks. Jakarta.
Kotler, P., & Armstrong, G. 2014. Principle Of Marketing (15th Editi). Erlangga. New Jersey.
Lupiyoadi, R., & Hamdani, A. 2008. Manajemen Pemasaran Jasa (Edisi 2). Salemba Empat. Jakarta.
Martinus, H. 2011). Analisis Industri Retail Nasional. Jurnal Ekonomi BINUS, 1(9): 1309–1321.
Nurhayati, & Wahyu, W. M. 2012. Analisis Faktor-Faktor Yang Memprngaruhi Minat Beli Ulang Masyarakat Terhadap Produk Handphone. Jurnal Ekonomi, 8 (2).
Oetomo, R. A., & Nugraheni, R. 2012. Analisis Pengaruh Keragaman Menu, Persepsi Harga Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi Pada Restoran Waroeng Taman Singosari Semarang). Jurnal Manajemen, 2(1).
Pratiwi, A. 2016). Pengaruh Lokasi, Harga, dan Keberagaman Produk Terhadap Minat Beli pada Pasar Tradisional Agrosari Wonosari. Universitas Negeri Yogyakarta.
Rainy, A., & Widayanto. 2019. Pengaruh Keragaman Produk Dan E-Service Quality Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Konsumen (Studi pada Mahasiswa Universitas Diponegoro Pelanggan Zalora). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1–9. Diambil dari http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/
Rubika, S., Maskur, & Bulkia, S. 2020. Pengaruh Harga, Kelengkapan Produk, dan Lokasi Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen pada Hypermart Duta Mall Banjarmasin. E-Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin, 1(1).
Soliha, E. 2008). Analisis Industri Ritel di Indonesia. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), 15(2), 128–142. Diambil dari https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fe3/article/view/307/
Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Sukanti, N. K., Herlambang, P. G. D., & Geriadi, m. a. d. 2021. Pengaruh lokasi, harga, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen ud sumber jaya motor denpasar bali. jurnal ekonomi dan pariwisata. 16 (2).
Sutedja, I. D. M., Dewi, P. S. K., & Sukanti, N. K. 2019. Potensi pariwisata di desa kutuh kuta selatan badung. In Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, dan Sosial Humaniora (SINTESA) (Vol. 2).
Thamrin, A., & Francis, T. 2012. Manajemen Pemasaran. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Tjiptono, F. 2008. Strategi Pemasaran (3 ed.). CV. Andi Offset. Yogyakarta.
Welsa, H., Kurniawan, I. S., & Nagar, R. 2021. Analisis Pengaruh Keberagaman Produk, Persepsi Harga, dan Lokasi Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Brand Image pada Konsumen Rocket Chicken. Jurnal Competency of Business. 5(1): 10–27.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Tjokorda Gde Agung Wijaya Kusuma Suryawan , Ahmad Sa’Bandi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.