Brand Image Memediasi Antara Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian

Authors

  • Krental Lady Day Surbakti Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Dewi Nuraini Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.61938/fm.v21i2.534

Keywords:

celebrity endorser, brand image, the decision to buy

Abstract

This study aims to find out how the influence of brand image mediates between celebrity endorsements and purchasing decisions (based on studies on skintific products at Tiktokshop). Tiktok shop customers who buy Skintific skincare are the population of this study. In this study, 120 respondents were used as a sample, and 100 respondents were returned. The sampling method involves using a questionnaire and distributing it through the Google form. In this study, the SPSS program was used to perform multiple regression analysis as well as the Sobel test using the website. Based on the findings of this study, the celebrity endorser variable has a significant effect on brand image; brand image has a significant impact on purchasing decisions; the celebrity endorser has a significant impact on the decision; and celebrity endorsers have a significant impact on brand image through purchasing decisions.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Krental Lady Day Surbakti, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Dewi Nuraini, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

References

Andrianto, N. F., & Sutrasmawati, R. E. 2016. Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image pada Proses Keputusan Pembelian. Management Analysis Journal. 5 (2).

Arsinta, G. A. P., & Purnami, N. M. 2015. Peran Persepsi Nilai Dalam Memediasi Pengaruh Kredibilitas Celebrity Endorser Pada Niat Beli Produk Kosmetik Maybelline di Kota Denpasar. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan. 9 (2): 121-134.

Bramantya, Y. B., & Jatra, I. M. 2016. Pengaruh Celebrity Endorser Dan BrandImage Terhadap Keputusan Pembelian Yamaha Jupiter Mx Di Kota Denpasar (Doctoral dissertation, Udayana University).

Cholifah, Nike, K. H. Suharyono, and K. Hidayat. 2016. Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Brand Image (Survei Pada Konsumen Kosmetik Wardah Di Counter Wardah Kota Malang).

Devanagiri, D. G. A. W. A., & Rastini, N. M. 2022. Peran Brand Image Dalam Memediasi Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Purchase Intention (Studi Pada Konsumen Kopi Janji Jiwa Di Kota Denpasar). E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana. 11 (11).

https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i11.p02

Herliza, Radita, and Marheni Eka Saputri. 2016. Pengaruh Brand Image Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Zara Di Mall Pvj Bandung). eProceedings of Management. 3 (2).

Inggasari, S. M., & Hartati, R. 2022. Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, dan Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening. Cakrawangsa Bisnis: Jurnal Ilmiah Mahasiswa. 3 (1).

https://doi.org/10.55324/josr.v1i7.147

Ismayanti, Ni Made Arie; Santika, I. Wayan. 2017. Pengaruh celebrity endorser, brand image, kualitas produk terhadap niat beli sepatu olahraga Nike di kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud. 6 (10): 5720-5747.

Merliani, N. N., Mangantar, M., & Arie, F. V. 2022. Analisis Celebrity EndorserDalam Menarik Minat Beli Konsumen Pada Pengguna Media Sosial Instagram (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi. 10 (1): 412-418.

Nuraini, D., & Evianah, E. 2019. Analisis Perbedaan Kepuasan Konsumen terhadap Pembelian Produk Baju secara Online dan Offline. Ekonomi- Manajemen Equilibrium: Jurnal Akuntansi. 15 (2).

https://doi.org/10.30742/equilibrium.v15i2.629

Nuraini, Dewi. 2011. Pengaruh Perluasan Merek Terhadap Citra Merek Pada Produk Citra Di Surabaya Selatan. Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen- Akuntansi. 9 (1): 16-32.

Nurul, H., & Linda, W. 2022. Pengaruh Brand Image, Celebrity Endorser Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Ms. Glow Di Kota Padang (Doctoral dissertation, Universitas Bung Hatta).

Putra, I. K. T. D., & Sulistyawati, E. 2015. Peran Brand Image Dalam Memediasi Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Niat Beli (Doctoral dissertation, Udayana University).

Rahmani, R. G., Bursan, R., Mahrinasari, M. S., & Wiryawan, D. 2022. Pengaruh Celebrity Endorsement, Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk (Studi pada Somethinc by Irene Ursula). EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis. 10 (S1): 431-438.

https://doi.org/10.37676/ekombis.v10iS1.2006

Santoso, Denny Hadi. 2020. Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo Dengan Kepercayaan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Diss. Universitas Muhammadiyah Malang.

Tanoni, R. V. 2012. Pengaruh Iklan Terhadap Niat Beli Konsumen Melalui Citra Merek Dan Sikap Pada Minuman Isotonic Mizone Di Surabaya. Kajian Ilmiah Mahasiswa Manajemen. 1 (6).

Wulandari, Ni Made Rahayu, and I. Ketut Nurcahya. 2015. Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Clear Shampoo di Kota Denpasar. Diss. Udayana University.

Yanti, Mery Oky Zufi, and Hendri Sukotjo. 2016. Pengaruh kesadaran merek, asosiasi merek, dan brand image terhadap keputusan pembelian Aqua. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM). 5 (5).

Zaenuri, A. 2020. Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Luwak White Koffie. Kinerja. 2 (02): 77-92.

https://doi.org/10.34005/kinerja.v3i01.936

Published

2023-07-30

How to Cite

Surbakti, K. L. D. ., & Nuraini, D. . (2023). Brand Image Memediasi Antara Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian. Forum Manajemen, 21(2), 87–98. https://doi.org/10.61938/fm.v21i2.534