PENDEKATAN MARKETING MIX IMPLIKASINYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN WISATAWAN DI PASAR SENI TRADISIONAL
Keywords:
Marketing Mix dan Keputusan PembelianAbstract
Kemunculan pasar seni modern menjadi salah satu faktor merosotnya penjualan di pasar seni tradisional.Hal ini juga tidak lepas dari penetapan strategi pihak pengelola agar konsumen memutuskan melakukan pembelian.Mengetahui permasalahan tersebut menggunakan pendekatan marketing mix (produk, harga, tempat promosi). Penelitian dilakukan di Pasar Seni Tradisional Kuta dengan tujuan untuk mengetahui apakah marketing mix terdiri dari produk, harga, tempat dan promosi mempengaruhi keputusan pembelian wisatawan di Pasar Seni Kuta. Setelah penelitian ini dilakukan, diharapkan akan memberikan manfaat bagi beberapa pihak, di antaranya adalah menambah pengetahuan dan wawasan berkaitan dengan marketing mix dan keputusan pembelian.
Metode digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pengisian kuesioner. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara non-probabilitas sampling (incidental sampling) yaitu sampel dengan rata-rata populasi perhari diambil 20% dan digunakan sebagai sampel. Jumlah responden sebanyak 40 orang. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji multikorelasi, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan uji parsial Hasil data menunjukkan bahwa nilai t hitung variable produk (4,426) > t tabel (1,6) sehingga Ho ditolak dan H1 diterima, variabel harga (13,981) > t tabel (1,6) sehingga Ho ditolak dan H2 diterima, variable tempat (5,805) > t table (1,6) sehingga Ho ditolak dan H3 diterima. Dan promosi (17,281) > t table (1,6) sehingga Ho ditolak dan H4 diterima. Artinya variabel produk, harga, tempat dan promosi secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian.