KEBERADAAN ROOM ATTENDANT UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN DI HOTEL PADMA RESORT LEGIAN BALI

Authors

  • Tettie Setiyarti STIMI Handayani Denpasar
  • I.B. Radendra Suastama STIMI Handayani Denpasar
  • Ida Bagus Putu Pindrawan STIMI Handayani Denpasar

Keywords:

Manajemen Sumber Daya Manusia, Pelayanan, Kualitas Pelayanan, Hotel, Room Attendant, Housekeeping

Abstract

Kurang diperhatikannya room attendant dibanding dengan departemen lainnya menjadikan keberadaan room attendant selalu dikesampingkan, padahal keberadaannya cukup penting dalam menjaga kebersihan, kenyamanan, dan keamanan tamu di hotel tersebut. Dalam tulisan ini penulis akan memaparkan peran penting keberadaan room attendant dalam meningkatkan pelayanan melalui sebuah penelitian mandiri yang sudah dilakukan penulis dengan topik yang sama pada Hotel Padma Resort yang berlokasi di daerah Legian, Kabupaten Badung, Provinsi Bali. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, studi pustaka, dan studi dokumentasi kemudian data-data tersebut dianalisis penggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan Room Attendant adalah Menciptakan suasana kamar yang bersih, menarik, nyaman dan aman, Memberikan pelayanan kepada tamu dikamar dengan sebaik-baiknya supaya tamu merasa puas  saat berkunjung maupun menginap dihotel, Penyiapan, penataan dan pemeliharaan kamar, serta  bertanggung jawab atas pemeliharaan kebersihan kamar dan inventory yang ada di dalamnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-06-27

Issue

Section

Articles