PERAN ORIENTASI PASAR DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA ERA COVID-19 (Studi Pada Usaha Pengrajin Ate)
Keywords:
Orientasi Pasar, Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing, Covid-19.Abstract
Sektor yang paling terpuruk karena adanya Covid-19 adalah UMKM,. Permasalahan utama
yang dihadapi UMKM ialah tidak lain karena turunnya permintaan dari masyarakat atau
konsumen secara signifikan. Penelitian Kuantitatif ini dapat membuktikan apakah masih
terdapat pengaruh positif dari variabel Orientasi Pasar dan Inovasi Produk terhadap
Keunggulan Bersaing atau malah sebaliknya. Subjek penelitian ini adalah usaha pengrajin
Ate yang berdomisili di Kabupaten Karangasem yang dipilih secara acak.. Responden
berjumlah 60 orang. Metode pengumpulan data yaitu Survei Kuesioner dan diukur dengan
Skala Likert. Hasil yang didapat akan diolah dengan perhitungan Statistik Deskriptif dan
Statistik Inferensial diolah menggunakan software SPSS versi 25 dengan metode analisis
linier berganda. Hasil menunjukan bahwa masih terdapat pengaruh positif signifikan dari
semua variabel independent terhadap variabel dependen yang diteliti baik secara simultan
atau parsial. Hal ini membuktikan pengaruh variabel masih sejalan dengan penelitian
sebelum Era Pandemi Covid-19.