KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI, PENGHARGAAN DAN MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN PENGARUHNYA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI THE RITZ CARLTON, BALI

Authors

  • Luh Kadek Budi Martini Sekolah Tinggi Bisnis Runata
  • Regista Seubelan Sekolah Tinggi Bisnis Runata
  • Mutria Farhaeni Sekolah Tinggi Bisnis Runata

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Promosi, Penghargaan, Manajemen Hubungan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Loyalitas pelanggan sangat berpengaruh pada setiap usaha yang didirikan baik pariwisata,
perbankan, sekolah, jasa pengiriman dan lain sebagainya. Maka dari itu untuk
mendapatkan loyalitas pelanggan diperlukan ketelitian dalam memperhatikan kebutuhan
pelanggan agar tujuan perusahaan dapat tercapai. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis
pengaruh pengaruh kualitas pelayanan, promosi, penghargaan dan manajemen hubungan
pelanggan terhadap loyalitas pelanggan di The Ritz Carlton, Bali. Jumlah responden yang
terlibat dalam penelitian ini sebanyak 95 orang. Menggunakan metode accidental
sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner berskala likert. Teknik
analisa data menggunakan analisis regresi linear berganda. Uji hipotesis dilakukan
menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen (nilai sig 0,000 < ? (0,05).
Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen (nilai sig sebesar
0,000 < ? (0,05). Penghargaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas
konsumen (nilai sig sebesar 0,000 < ? (0,05). Manajemen hubungan pelanggan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen . (nilai sig sebesar 0,000 <
? (0,05). Kualitas pelayanan, promosi, penghargaan dan manajemen hubungan pelanggan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen nilai sig 0,000 < ? (0,05).

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-10-20

Issue

Section

Articles