PROSEDUR PENGELOLAAN ARSIP KEPENDUDUKAN DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN (STUDI KASUS PADA DISDUKCAPIL KABUPATEN TABANAN)

Authors

  • Tettie Setiyarti STIMI HANDAYANI DENPASAR
  • Putu Ayu Utami Lestari Dewi STIMI HANDAYANI DENPASAR

Keywords:

prosedur, arsip, pelayanan, disdukcapil, dokumen kependudukan

Abstract

Kearsipan berperan penting bagi kelancaran jalannya sebuah organisasi, yaitu sebagai pusat ingatan bagi organisasi dan juga sumber informasi tertulis. Kearsipan juga memiliki nilai dan peranan penting karena arsip atau dokumen-dokumen merupakan suatu bahan bukti resmi mengenai penyelenggaraan sebuah administrasi. Oleh sebab itu pengelolaan arsip harus mudah dilakukan sesuai dengan kebutuhan suatu lembaga, agar dapat berjalan secara efektif dan efisien. Prosedur pengelolaan kearsipan juga sangat mempengaruhi kualitas pelayanan, karena kearsipan memiliki fungsi sebagai informasi yang berupa catatan atau rekaman berbagai aktivitas yang dilakukan oleh sebuah organisasi. Oleh sebab itu, dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, penelitian ini akan mengkaji prosedur pengelolaan arsip kependudukan pada Disdukcapil Tabanan dalam meningkatkan pelayanannya. Berdasarkan temuan di lapangan, penelitian ini membagi proses implementasi prosedur pengelolaan arsip kependudukan pada Disdukcapil Tabanan ke dalam lima tematik utama, yaitu: 1) penciptaan arsip; 2) penyimpanan arsip; 3) pemeliharaan arsip; 4) penyusutan arsip; dan 5) kendala-kendala yang dijumpai di lapangan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-10-12

Issue

Section

Articles