ANALISIS KINERJA BERBASIS BALANCED SCORECARD PADA INDUSTRI PERHOTELAN DI BALI ( STUDI KASUS PADA HOTEL THE SAMAYA UBUD)

Authors

  • I Nyoman Parta STIMI Handayani Denpasar
  • Ida Bagus Swaputra STIMI Handayani Denpasar
  • I Gede Widya Mahardika STIMI Handayani Denpasar

Keywords:

Analisis Kinerja, Balanced Scorecard

Abstract

Perkembangan bisnis pariwisata yang pesat membuat persaingan bisnis di bidang perhotelan menjadi semakin ketat.Dalam upaya memenangkan persaingan, penilaian kinerja menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan yang dapat menjadi acuan dalam penentuan perencanaan stratejik.Penilaian kinerja yang hanya didasarkan pada hal-hal yang bersifat keuangan saja tidak mampu menggambarkan kinerja organisasi secara komprehensif.Diperlukan standar pengukuran kinerja yang tepat sebagai tolok ukur kinerja perusahaan dalam mencapai tujuannya. Salah satu cara yang tepat untuk mengukur kinerja perusahaan adalah dengan metode balanced scorecard. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja perusahaan dalam keempat perspektif balance scorecard, yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan pada hotel The Samaya Ubud.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-06-27

Issue

Section

Articles