BUDAYA ORGANISASI DAN KOMITMEN ORGANISASI PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA PEGAWAI INSTITUT SENI INDONESIA DENPASAR

  • Ni Ketut Laswitarni STIMI Handayani Denpasar
  • I.B Gede Udiyana STIMI Handayani Denpasar
  • Kadek Drestiasih STIMI Handayani Denpasar

Abstract

Sumber daya manusia memiliki peran yang sangat besar dalam upaya organisasi mencapai tujuannya. Betapapun majunya teknologi, informasi, dan modal, namun jika tanpa sumber daya manusia yang kuat maka akan sulit bagi organisasi untuk mencapai tujuannya. Tercapainya tujuan organisasi sangat ditentukan dari kinerja dan keefektifan para pegawai dalam menjalankan tugas. Keberhasilan kinerja seorang karyawan dalam suatu bidang pekerjaan di tentukan oleh beberapa faktor seperti budaya organisasi dan komitmen organisasi. Budaya organisasi selain terbentuk karena visi dan misi organisasi, juga dibentuk oleh perilaku anggotanya. Sedangkan komitmen organisasi bukan hanya ukuran kesetiaan terhadap organisasi, tetapi sebagai bagian organisasi yang mengekspresikan perhatian terhadap kesuksesan dan kesejahteraan organisasi.


Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh budaya organisasi dan komitmen organisasi terhadap kinerja pegawai pada Institut Seni Indonesia Denpasar. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, dengan sumber data yaitu data primer. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah:uji asumsi klasik, regresi linier berganda dan uji hipotesis.

Published
2020-06-27
How to Cite
LASWITARNI, Ni Ketut; GEDE UDIYANA, I.B; DRESTIASIH, Kadek. BUDAYA ORGANISASI DAN KOMITMEN ORGANISASI PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA PEGAWAI INSTITUT SENI INDONESIA DENPASAR. Prosiding, [S.l.], n. 2, p. 75-90, june 2020. Available at: <https://ojs.stimihandayani.ac.id/index.php/PROSIDING/article/view/369>. Date accessed: 01 nov. 2020.
Section
Articles