ANALISIS PENGARUH BIAYA DIRECT MARKETING, BIAYA PERSONAL SELLING DAN BIAYA ADVERTISING TERHADAP JUMLAH 312 KREDIT MIKRO

Authors

  • Ida Ayu Trisna Wijayanthi STIMI Handayani Denpasar
  • Putu Mela Ratini STIMI Handayani Denpasar
  • Ida Bagus Ngurah Wimpascima STIMI Handayani Denpasar
  • Ratna Alfina S STIMI Handayani Denpasar

Keywords:

Biaya Direct Marketing, Biaya Personal Selling, Biaya Advertising, dan Jumlah Kredit Mikro

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh biaya direct marketing, biaya personal selling dan biaya advertising terhadap jumlah kredit mikro pada PT Bank Syariah Mandiri Cabang WR Supratman. Metode analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis menggunakan uji t untuk menguji koefisien regresi parsial dan uji F untuk menguji pengaruh secara bersama-sama dengan tingkat kepercayaan 5% dan uji koefisien determinasi. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa secara parsial variabel biaya direct marketing berpengaruh signifikan terhadap jumlah kredit mikro, biaya  personal selling berpengaruh signifikan terhadap jumlah kredit mikro dan variabel biaya advertising berpengaruh signifikan pula terhadap jumlah kredit mikro. Berdasarkan uji F biaya direct marketing, biaya personal selling dan biaya advertising secara simultan berpengaruh signifikan terhadap jumlah kredit mikro. Dari variabel biaya direct marketing, biaya personal selling dan biaya advertising, biaya direct marketing-lah yang berpengaruh paling dominan terhadap jumlah kredit mikro di Bank Syariah Mandiri. Saran yang diberikan adalah perlu adanya penambahan anggaran biaya direct marketing, biaya personal selling dan biaya advertising serta inovasi dan kreatifitas dalam memanfaatkan budget tersebut dalam bentuk berbagai kegiatan yang menarik minat calon kreditur.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-09-30

Issue

Section

Articles