PENGARUH PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN MENGUNGKAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
Keywords:
Return On Equity (ROE), Corporate Social Responsibility (CSR), Nilai PerusahaanAbstract
Nilai perusahaan adalah persepsi investor. Nilai perusahaan dapat memberikan pemegang saham maksimum kekayaan jika harga saham perusahaan meningkat. Semakin tinggi harga saham, semakin tinggi kekayaan pemegang saham. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profitabilitas (dengan Return On Equity proxy) terhadap nilai perusahaan (dengan Tobin’s Q proxy) dan untuk mengetahui pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap hubungan profitabilitas dengan nilai perusahaan. Perusahaan ini terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013-2015 dengan jumlah sampel yang digunakan adalah 28 perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa data laporan tahunan yang diunduh dari situs BEI (www.idx.co.id). Teknik analisis menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasilnya menunjukkan bahwa profitabilitas (ROE) memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan CSR sebagai variabel moderasi bukan kekuatan hubungan antara profitabilitas (ROE) dan nilai perusahaan.