STRATEGI PEMASARAN WARUNG MAKAN ”SAI KRISNA VEGETARIAN” DALAM UPAYA MEMPERTAHANKAN PELANGGAN

Authors

  • Made Mulyadi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Undiknas

Keywords:

Strategi Pemasaran, Sai Krisna Vegetarian, Pelanggan

Abstract

Sekarang ini jumlah rumah makan vegetarian di Kota Denpasar semakin banyak baik yang menjual masakan khas Bali maupun Chinese food. Dengan demikian persaingan semakin tak terhindarkan dalam usaha memasarkan produk yang dihasilkan untuk merebut pangsa pasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang  digunakan  oleh Rumah Makan “Sai Krisna Vegetarian“ dalam upaya mempertahankan  pelanggan.  Manfaat penelitian  ini adalah sebagai bahan informasi bagi perusahaan dalam mengambil  langkah-langkah perbaikan untuk masa yang akan datang dan sebagai pedoman  dan bahan pustaka untuk peneliti berikutnya yang melakukan penelitian sejenis.  Lokasi Penelitian ini adalah di Warung Makan “Sai Krisna Vegetarian†yang beralamat di   Jalan Badak Agung No. IA Renon, Denpasar. Waktu penelitian sejak persiapan sampai tahap penyusunan laporan ini dilaksanakan kurang lebih enam bulan, mulai Bulan Januari s/d  Bulan Juni  2017. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan model penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi dan   dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah  data primer dan  data sekunder.  Teknik Uji Validitas Data dalam penelitian ini digunakan teknik triangulasi. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan tahapan-tahapannya adalah: 1). Data Reduction (Data Reduksi),  2)..Data Display (Penyajian Data),  3). Conclution Drawing /Verification (Penarikan Kesimpulan). Implementasi Strategi Pemasaran Warung Makan “Sai Krisna Vegetarian†1. Analisis Strategi Pemasaran yang Membeda-bedakan Pasar (Diferentiated Marketing): Lingkungan Internal adalah lingkungan organisasi yang berada didalam organisasi tersebut dan secara normal memiliki implikasi yang langsung dan khusus pada warung makan “Sai Krisna Vegetarianâ€. Analisis lingkungan internal merupakan identifikasi faktor-faktor kekuatan dan kelemahan dari dalam warung makan “Sai Krisna Vegetarianâ€. 2. Hasil analisis strategi bauran pemasaran yang direkomendasikan adalah yang meliputi bauran produk, harga, saluran distribusi dan promosi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-09-30

Issue

Section

Articles