FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGERUHI KEPUTUSAN KONSUMEN BERBELANJA ONLINE
Keywords:
Budaya, Sosial, Pribadi, Psikologis, Perilaku KonsumenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor budaya pada perilaku konsumen untuk berbelanja online. Untuk mengetahui pengaruh faktor sosial terhadap perilaku konsumen untuk berbelanja online. Untuk mengetahui pengaruh faktor personal terhadap perilaku konsumen untuk berbelanja online. Untuk mengetahui pengaruh faktor faktor psikologis terhadap perilaku konsumen untuk berbelanja online. Untuk mengetahui pengaruh faktor budaya terhadap keputusan konsumen untuk berbelanja online. Untuk mengetahui pengaruh faktor sosial terhadap keputusan konsumen untuk berbelanja online. Untuk mengetahui pengaruh faktor personal terhadap keputusan konsumen untuk berbelanja online. Untuk mengetahui pengaruh faktor psikologis pada keputusan konsumen untuk berbelanja online. Untuk mengetahui pengaruh faktor perilaku konsumen terhadap keputusan konsumen untuk berbelanja online. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang melibatkan sampel 114 orang. Teknik analisis data menggunakan SEM menggunakan aplikasi AMOS. Hasil penelitian menunjukkan semakin baik faktor budaya maka semakin mendukung perilaku konsumen dengan koefisien regresi sebesar 0,786. Semakin baik faktor sosial maka semakin mendukung perilaku konsumen dengan koefisien regresi 0,994. Semakin baik faktor personal maka semakin mendukung perilaku konsumen dengan koefisien regresi 0,518. Semakin baik faktor psikologis maka semakin mendukung perilaku konsumen dengan koefisien regresi sebesar 0,214. Semakin baik faktor budaya semakin cepat konsumen mengambil keputusan dengan koefisien regresi 0,648. Semakin baik faktor sosial semakin cepat konsumen mengambil keputusan dengan koefisien regresi 0,404. Semakin baik faktor personal semakin cepat konsumen mengambil keputusan dengan koefisien regresi 0,395. Semakin baik faktor psikologis semakin cepat konsumen mengambil keputusan dengan koefisien regresi 0,008. Semakin baik perilaku konsumen semakin cepat konsumen mengambil keputusan dengan koefisien regresi 0,190.