PENINGKATAN KEPERCAYAAN MASYARAKAT PADA UPT. KESMAS SUKAWATI I GIANYAR MELALUI SISTEM PENYAMPAIAN JASA LAYANAN KESEHATAN

Authors

  • Ni Putu Cempaka Dharmadewi Atmaja Fakultas Ekonomi, Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Made Satya Utami Fakultas Ekonomi, Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Nyoman Menuh STIMI Handayani Denpasar

Keywords:

physical support, contact personnel and Operational Benevolence

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengalisis :1) Pengaruh physical support terhadap kepercayaan masyarakat, 2)  Pengaruh contact personel terhadap kepercayaan masyarakat,3) Pengaruh operational benevolence terhadap kepercayaan masyarakat, 4) Pengaruh physical support contact personel dan operational benevolence  terhadap kepercayaan masyarakat secara simultan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penentuan sampel menggunakan metode accidental sampling yaitu sebanyak 75 orang konsumen puskesmas yang dijadikan sebagai responden (pasien dan keluarganya). Analisis data menggunakan teknik analsisi regresi linear berganda, t test, F test dan analisis determinan. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) physical support berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan masyarakat, 2) contact personel berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan masyarakat,3) operational benevolence berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan masyarakat, 4) physical support, contact personnel and Operational Benevolence berpengaruh signifikan secara simultan. Analisis determinan menunjukan bahwa physical support, contact personnel and Operational Benevolence mempengaruhi kepercayaan masyarakat terhadap upt. Kesmas sebesar 60,4 persen dan sisanya sebesar 39,6 persen dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-09-30

Issue

Section

Articles