PENINGKATAN KEPERCAYAAN MASYARAKAT PADA UPT. KESMAS SUKAWATI I GIANYAR MELALUI SISTEM PENYAMPAIAN JASA LAYANAN KESEHATAN
Keywords:
physical support, contact personnel and Operational BenevolenceAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengalisis :1) Pengaruh physical support terhadap kepercayaan masyarakat, 2) Pengaruh contact personel terhadap kepercayaan masyarakat,3) Pengaruh operational benevolence terhadap kepercayaan masyarakat, 4) Pengaruh physical support contact personel dan operational benevolence terhadap kepercayaan masyarakat secara simultan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penentuan sampel menggunakan metode accidental sampling yaitu sebanyak 75 orang konsumen puskesmas yang dijadikan sebagai responden (pasien dan keluarganya). Analisis data menggunakan teknik analsisi regresi linear berganda, t test, F test dan analisis determinan. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) physical support berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan masyarakat, 2) contact personel berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan masyarakat,3) operational benevolence berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan masyarakat, 4) physical support, contact personnel and Operational Benevolence berpengaruh signifikan secara simultan. Analisis determinan menunjukan bahwa physical support, contact personnel and Operational Benevolence mempengaruhi kepercayaan masyarakat terhadap upt. Kesmas sebesar 60,4 persen dan sisanya sebesar 39,6 persen dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.