KOMUNIKASI, KEPEMIMPINAN, DAN KEPUASAN KERJA PENGARUHNYA TERHADAP SEMANGAT KERJA KARYAWAN PT. RATU OCEANIA RAYA BALI
Keywords:
komunikasi, kepemimpinan, kepuasan kerjaAbstract
Komunikasi, kepemimpinan dan kepuasan kerja memiliki arti penting bagi kelancaran sebuah organisasi atau perusahaan. Pemimpin yang dapat menerapkan komunikasi yang baik akan membangun semangat kerja karyawan, serta dengan terpenuhinya kepuasan kerja karyawan akan tercipta suasana kerja yang harmonis dan hasil dari pekerjaan yang diberikan oleh karyawan akan lebih maksimal sesuai dengan yang diharapkan perusahaan.
Tujuan daripada penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komunikasi, kepemimpinan, dan kepuasan kerja terhadap semangat kerja karyawan pada PT Ratu Oceania Raya Bali.Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan kuisioner sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, korelasi, determinasi, dan uji t.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi, kepemimpinan, dan kepuasan kerja memiliki arah pengaruh positif signifikan terhadap semangat kerja karyawan, dengan demikian semua hipotesis nol ditolak dan menerima hipotesis alternative yang berarti komunikasi, kepemimpinan, dan kepuasan kerja secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap semangat kerja. Saran yang diberikan adalah hendaknya manajemen dapat memberikan arahan/ bimbingan bagi karyawan serta sebaiknya pimpinan lebih peka terhadap kesulitan yang dihadapi bawahan. Komunikasi yang baik akan membantu karyawan dalam menghadapi kesulitan maupun tantangan dalam bekerja.