STRATEGI DIVERSIFIKASI DAN NILAI PERUSAHAAN
Keywords:
Strategi Diversifikasi, Diversifikasi Terkait, Diversifikasi yang Tidak Terkait, Nilai Perusahaan, Model Curvilinear U-ShapeAbstract
Penelitian ini menguji pengaruh diversifikasi perusahaan terhadap nilai perusahaan dibandingkan dengan perusahaan fokusnya. Ini juga menguji pengaruh nilai perusahaan dari jenis strategi diversifikasi yang berbeda. Penelitian ini juga menguji pola hubungan antara strategi diversifikasi dan nilai perusahaan. Sampel penelitian terdiri dari 101 perusahaan manufaktur dengan tiga jenis industri yang berbeda khususnya industri kimia dasar, industri lain-lain dan industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2006-2010. Metode yang digunakan untuk menganalisis data diklasifikasikan dalam tiga jenis analisis yang berbeda. Regresi linier berganda dengan variabel dummy digunakan untuk menguji keseluruhan efek penilaian strategi diversifikasi perusahaan terhadap perusahaan fokusnya. Regresi linier berganda normal digunakan untuk menguji pengaruh jenis diversifikasi yang berbeda terhadap nilai perusahaan. Squared multiple linear regression digunakan untuk menguji pola hubungan strategi diversifikasi terhadap nilai perusahaan. Hasilnya menunjukkan beberapa temuan empiris bahwa diversifikasi perusahaan memiliki nilai perusahaan yang lebih rendah daripada perusahaan fokus, namun jenis strategi diversifikasi memiliki pengaruh yang berbeda terhadap nilai perusahaan. Diversifikasi terkait memiliki nilai perusahaan yang lebih tinggi atau menciptakan diversifikasi premi dibandingkan diversifikasi yang tidak terkait. Hubungan antara strategi diversifikasi dan nilai perusahaan membentuk model lengkung U-shape.