PENGARUH KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN BERBELANJA ONLINE KEMBALI
Keywords:
Kepuasan menyeluruh, At-checkout satisfaction, After-delivery satisfaction, keputusan berbelanja kembaliAbstract
Saat ini, berbelanja online adalah kegiatan yang sangat sering dilakukan oleh pengguna internet. Berbelanja online menjadi alternatif belanja yang paling digemari konsumen karena hanya perlu connect internet, buka toko online, dan mulai memilih produk yang akan dibeli. Konsumen tidak perlu keluar rumah untuk mengunjungi tempat penjualan seperti toko, butik, mall, dan lain sebagainya.
Minat belanja online akan sangat tinggi bagi konsumen jika mereka merasa puas akan kualitas produk dan jasa dari system toko online tertentu. Kepuasan konsumen bisa dirasakan saat proses membeli dan setelah membeli suatu produk di satu toko online tertentu. Pengalaman memuaskan yang dirasakan saat proses pembelian dan setelah membeli produk suatu situs atau toko online tertentu akan menunjang intensi konsumen untuk berbelanja online kembali pada toko tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan konsumen terhadap keputusan berbelanja online kembali. Kepuasan konsumen yang diuji adalah kepuasan menyeluruh konsumen yang terdiri dari At-checkout satisfaction dan After-delivery satisfaction. Peneliti menggunakan uji regresi berganda dan mendapatkan hasil bahwa kepuasan menyeluruh konsumen memengaruhi keputusan berbelanja online kembali.