PENGARUH KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN BERBELANJA ONLINE KEMBALI

Authors

  • Natalia Sri Endah Kurniawati Universitas Dhyana Pura
  • I Made Endra Puniawan Universitas Dhyana Pura

Keywords:

Kepuasan menyeluruh, At-checkout satisfaction, After-delivery satisfaction, keputusan berbelanja kembali

Abstract

Saat  ini,  berbelanja  online  adalah  kegiatan  yang  sangat  sering  dilakukan  oleh  pengguna internet.  Berbelanja  online  menjadi  alternatif  belanja  yang  paling  digemari  konsumen  karena hanya perlu connect internet, buka toko online, dan mulai memilih produk yang  akan dibeli. Konsumen tidak perlu keluar rumah untuk mengunjungi tempat penjualan seperti  toko, butik, mall, dan lain sebagainya.

Minat  belanja  online  akan  sangat  tinggi  bagi  konsumen  jika  mereka  merasa  puas  akan kualitas produk dan jasa dari system toko online tertentu. Kepuasan konsumen bisa dirasakan saat proses membeli dan setelah membeli suatu produk di satu toko online tertentu. Pengalaman memuaskan yang dirasakan saat proses pembelian dan setelah membeli produk suatu situs atau toko  online  tertentu  akan  menunjang  intensi  konsumen  untuk  berbelanja  online  kembali  pada toko tersebut.

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  pengaruh  kepuasan  konsumen  terhadap keputusan  berbelanja  online  kembali.  Kepuasan  konsumen  yang  diuji  adalah  kepuasan menyeluruh konsumen yang terdiri dari At-checkout satisfaction dan After-delivery satisfaction. Peneliti menggunakan uji regresi berganda dan mendapatkan hasil bahwa kepuasan menyeluruh konsumen memengaruhi  keputusan berbelanja online kembali.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-12-02

Issue

Section

Articles