FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI GREEN CONSUMER DALAM MEMBELI PRODUK ORGANIK

Authors

  • Ni Putu Cempaka Dharmadewi Atmaja Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Made Satya Utami Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Produk Organik, Green consumer, Perilaku Konsumen

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui karakteristik green consumer dan faktor yang mempengaruhi  green  consumer  dalam membeli produk  organik.    Penelitian ini  menggunakan riset kuantitatif yaitu dengan menggunakan kuesioner terhadap 272 pengunjung Bali Buda yang berlokasi  di  Ubud  dan  Kerobokan. Teknik  pengumpulan  data  menggunakan  teknik  observasi, wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis Faktor (Exploratory Factor Analysis). Ditemukan hasil bahwa Karakteristik responden didasarkan  dari  jenis  kelamin,  umur,  tingkat  pendidikan,  pekerjaan,  dan  tingkat  pendapatan. Hasil penelitian didapatkan bahwa jumlah Green consumer  yang berkunjung kebanyakan adalah yang berjenis kelamin perempuan, banyak adalah yang berumur sudah dewasa yaitu sekitar 36- 45 tahun, mempunyai pendidikan yang tinggi yang didominasi tingkat pendidikan strata 1 yaitu sebesar 84 orang atau 31 persen, lebih dominan bekerja sebagai freelance, memiliki pendapatan yang cukup besar yaitu sebesar Rp.10 -30 juta /bulan, kebanyakan adalah warganegara asing yaitu didominasi oleh warganegara Australia. Hasil kedua adalah faktor-faktor yang mempengaruhi green consumer dalam membelli produk organik terdiri dari 7 faktor yaitu Faktor Keluarga dan Gaya hidup; Faktor Kebiasaan dan pribadi; Faktor kemudahan dan persepsi; Faktor produk dan promosi; Faktor motivasi; Faktor Pelayanan dan harga serta Faktor Teman dan Pendapatan dari dua variabel yaitu teman dan pendapatan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-09-30

Issue

Section

Articles