STRATEGI PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA WISATA TIMBRAH KECAMATAN KARANGASEM KABUPATEN KARANGASEM
Keywords:
strategi, pengembangan, pemberdayaan, desa wisataAbstract
Kehadiran Desa Wisata Timbrah sebagai produk wisata alternatif dipandang tepat untuk memenuhi perubahan pola konsumsi wisatawan. Penelitian ini mengkaji strategi penguatan kelembagaan, strategi kemitraan serta merumuskan bentuk-bentuk pemberdayaan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi penguatan kelembagaan, Desa Wisata Timbrah perlu melibatkan pranata sosial kemasyarakatan dalam manajemen operasional untuk mempertahankan eksistensi Desa Timbrah sebagai desa wisata berbasis budaya. Strategi kemitraan dapat dilakukan dengan mengembangkan kemitraan formal melalui program kemitraan antara masing-masing mitra (masyarakat Desa Timbrah, Pemerintah Daerah Kabupaten Karangasem, Pengusaha dari Desa Timbrah). Bentuk-bentuk pemberdayaan masyarakat antara lain sebagai pembuat makanan/ minuman tradisional, pembuat kerajinan lokal, pemandu trakking, petugas pengaman, mejejahitan, pelatih tabuh dan tari, pembuat kerajinan lokal, pengelola homestay, dan pemandu wisata lokal.