LOYALITAS PELANGGAN PADA BRAND HOTEL BERBINTANG DI KOTA MADYA DENPASAR
Keywords:
brand image, kepuasan pelanggan, loyalitas merekAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan khusus: (i) menemukan pengaruh citra merek terhadap loyalitas merek (ii) menemukan pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas merek (iii) menemukan pengaruh brand image dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas merek dan (iv) Menemukan peran kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi antara brand image terhadap brand loyalty. Tujuan umum yang ingin dicapai adalah meningkatkan kinerja hotel untuk mendapatkan loyalitas cunsomer melalui loyalitas terhadap merek. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan Structural Equation Modeling (SEM). Populasi penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang tinggal pertama kalinya. Ada 170 sampel yang digunakan, dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner online dan online yang dikelola sendiri. Ada 14 indikator yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) brand image berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan, (ii) kepuasan pelanggan berpengaruh positif terhadap loyalitas merek, (iii) brand image berpengaruh positif terhadap loyalitas merek dan (iv) brand brand loyalty kepuasan konsumen terhadap loyalitas merek.