PENATAAN PASAR MODERN DAN PERLINDUNGAN PASAR TRADISIONAL MELALUI STRATEGI ATRIBUT PRODUK
Keywords:
Pasar modern, Pasar tradisional, Analss SWOT, Atribut produk.Abstract
Latar belakang peneltan n adalah adanya pertumbuhan jumlah pasar modern yang sangat pesat tetap dkut dengan penurunan jumlah pasar tradsonal. Peneltan n bertujuan untuk merumuskan kebjakan dalam penataan pasar modern dan perlndungan pasar tradsonal. Analss data dlakukan dengan menggunakan analss analss SWOT dan analss kualtatf deskrptf. Pengumpulan data dlakukan dengan wawancara dan Focus Group Dscusson (FGD). Berdasarkan hasl analss perlu adanya pengaturan atrbut produk yang dtuangkan dalam Peraturan Daerah. Atrbut produk yang perlu datur adalah: akses produk UMKM pada pasar modern, jam pelayanan pasar modern, keterlbatan tenaga kerja lokal d pasar modern, lokas pasar modern, jarak antar pasar, ketersedan fasltas parkr, strateg harga pada pasar modern, dan strateg promos pada pasar modern.