SOCIAL CAPITAL UKM BERBASIS PEREMPUAN UNTUK PENGEMBANGAN USAHA MIKRO DI KABUPATEN MALANG JAWA TIMUR (Studi pada usaha mikro berbasis perempuan upk Kabupaten Malang)
Keywords:
modal sosal, jarngan, kepercayaan, normaAbstract
Peneltan n bertujuan untuk mengetahu bagamana peran modal sosal pada pelaku usaha ukm berbass perempuan. Pendekatan yang dgunakan dengan menggunakan metode peneltan deskrptf kualtatf. Adapun komponen yang akan ddeskrpskan dalam peneltan n mengena peran modal sosal dalam bentuk kepercayaan, jarngan, dan norma. Dengan menggunakan data prmer yang dperoleh melalu penyebaran kuesoner dan wawancara langsung kepada 80 responden perempuan yang berprofes sebaga pelaku ukm pada upk d kabupaten Malang. Hasl peneltan menunjukkand dalam kelompok tdak terdapat norma tdak tertuls, norma (nla-nla) tradsonal, dan norma (nla- nla) keagamaan yang dsepakat bersama. Hanya ada aturan-aturan tertuls terkat dengan hak dan kewajban anggota kelompok saja yang dketahu oleh anggota kelompok ada d dalam kelompok. Jarngan , terdr dar jarngan dengan konsumen, kekerabatan, teman, pemasok, antar-ukm perempuan, dan jarngan teman. Jarngan yang palng berperan dalam pengembangan usaha komuntas ukm perempuan adalah peran jarngan dengan sesama pelaku ukm perempuan. Ikatan kekerabatan gender yang kuat berdampak pada ss pskologs perempuan dalam membawa perubahan pola pkr dalam rangka penngkatan ekonom rumah tangga serta dapat membantu merngankan beban keluarga. Kepercayaan bertndak sebaga pelumas atau pelcn dalam nteraks dalam jarng-jarng sosal. Jarng-jarng sosal bergerak sebaga penjamn keberlanjutan (sustanablty) usaha yang terangka dalam kordor-kordor norma. Da n nor ma send iri merup akan re fleks i dari keper cayaan . Keti ga eleme n terseb ut tercipta bukan dengan cara nstan tetap melalu proses nteraks yang berulang-ulang.